Mabiran dan Kwaran Warungpring Resmi Dilantik

Mabiran dan Kwaran Warungpring Resmi Dilantik

Juli 22, 2022 0 By Kwarcab Pemalang

PEMALANG – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pemalang Sukarso, melantik para pengurus Mabiran dan menyakaikan pelantikan Kwaran Gerakan Pramuka Warungpring Masa Bakti 2022-2025, di Pendopo Kecamatan Warungpring, Kamis (22/7).

Pelantikan Mabiran dan Kwaran gerakan Pramuka ini ditandai dengan membaca acara Ikrar, naskah berita, penyematan tanda jabatan secara simbolis serta membaca sumpah dan janji Pramuka.

Pada kesempatan itu, Sukarso melantik Camat Warungpring Bambang Ali Nuryanto sebagai Ketua Mabiran dan S. Budi Raharjo sebagai ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Warungpring masa bhakti 2022 – 2025.

Sukarso dalam sambutannya mengatakan, Kwaran merupakan perpanjangan tangan dari kwarcab yang memiliki peran yang penting dalam pembinaan Gerakan Pramuka di tingkat Gudep maupun Kwaran.

Ia mengatakan, bahwa pelantikan ini menjadi momentum penting dalam memulai langkah kepengurusan Kwarran Pramuka Warungpring kedepan.

“Semoga dengan berbagai agenda strategi yang akan dilaksanakan, Kwaran Pramuka Warungpring semakin baik lagi memberikan konstribusi dalam rangka pembinaan generasi muda di Kecamatan Warungpring,” ungkap Sukarso.

Untuk itu, diharapkan dapat memaksimalkan peran Kwaran di wilayah Warungpring, sehingga gerakan Pramuka dapat meningkatkan mutu kepramukaan untuk membentuk karakter generasi muda dan menjadi problem solver masalah pemuda dalam berbagai kegiatan kepramukaan.

“Gerakan Pramuka memiliki peran strategis untuk mengatasi masalah generasi muda dan secara nyata mampu mencetak kaum muda cinta tanah air, berpendidikan, berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi,”
tulis Ketua Mabiran Kecamatan Warungpring Bambang Ali Nuryanto.

Ia menambahkan, bahwa tantangan dan permasalahan yang dihadapi generasi muda saat ini semakin kompleks. Sehingga, kata dia, peran yang diperlukan serta dari berbagai pihak termasuk di dalamnya peran gerakan pramuka untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Selain itu, kata Bambang, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, memiliki ketekunan, taat hukum, dan disiplin menjadi modal semangat untuk terus berkarya dan berbakti.

Kaitan hal tersebut, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan Kwaran yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.

“Saya berharap dengan pelantikan ini memantapkan sistem sistem manajemen dan sumber daya yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat kwaran,” tuturnya.

Selain itu Ka Kwaran Warungpring S Budi Raharjo meminta dukungan dan kerjasama dari seluruh jajaran pimpinan Gerakan Pramuka Kwaran Warungpring agar kegiatan Pramuka bisa bersinergi dan berjalan secara optimal.