Kwarcab Pemalang Jadi Tuan Rumah Latihan Bersama Kolone Tongkat & Semaphore

Kwarcab Pemalang Jadi Tuan Rumah Latihan Bersama Kolone Tongkat & Semaphore

Juli 6, 2022 0 By Kwarcab Pemalang

PEMALANG – Sebanyak delapan Kwarcab dari 17 Kwarcab yang tergabung dalam Kwarda Jawa Tengah, Rabu (6/7/2022) melakukan latihan bersama di Sirkuit Widuri Pemalang.

Latihan bersama kolone tongkat dan semaphore tersebut dilakukan karena mereka dipercaya untuk tampil bersama atraksi gelar keterampilan dan kesenian Kontingen Daerah Jawa Tengah pada kegiatan Jambore Nasional dan hari Pramuka tingkat nasional 2022, di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta.

Adapun delapan Kwarcab yang melakukan latihan bersama Kolone Tongkat dan Senam Semaphore pada hari ini yakni, Kwarcab Pemalang, Kwarcab Pekalongan, Kwarcab Kota Pekalongan, Kwarcab Batang, Kwarcab Kota Tegal, Kwarcab Tegal, Kwarcab Brebes dan Kwarcab Temanggung.

Ketua Kwarcab Pemalang Sukarso selaku tuan rumah latihan bersama mengatakan kegiatan ini merupakan latihan bersama Atraksi Gelar Keterampilan dan Kesenian Kontingen Daerah Jateng yang akan ditampilkan pada Pembukaan Kegiatan Jambore Nasional dan Hari Pramuka Tingkat Nasional 2022.

“Atraksi gelar keterampilan ini diikuti oleh 17 Kwarcab di antaranya Kontingen dari Pemalang,” jelasnya.

Ia menambahkan dalam Jambore Nasional itu ada empat keterampilan dan kesenian yang akan ditampilkan oleh Kwarda Jawa Tengah yakni Tari Nusantara, Pionering, Kolone Tongkat dan Semaphore.

“Untuk kontingen Pemalang bersama 4 Kwarcab lainnya akan menampilkan Kolone Tongkat dan Senam Semaphore juga diikuti oleh 4 Kwarcab, sedangkan untuk Tari Nusantara dan Pionering akan ditampilkan dari Binwil Banyumas dan Binwil Kedu,” tutur Sukarso.

Latihan bersama kali ini juga dihadiri Andalan Bina Muda Kwarda Jawa Tengah dengan Pelatih Utama dari Kwarcab Purbalingga dan dibantu oleh Kwarcab Peserta Atraksi yang mendapat tugas khusus pendampingan.